Osenka's Mosaic

Tiny Pieces Make Difference

Animorphs

The Beginning
Animorphs. Apa ada yang tau arti kata ini?
Bagi anda yang dilahirkan pada tahun 2000 ke bawah MUNGKIN mengetahuinya.
Yyyyep, Animorphs adalah judul buku karangan K.A. Applegate yang mulai terbit sejak tahun 1996 di AS.

Genre Animorphs adalah fiksi sains (science fiction), adventure dan action. Kata Animorphs sendiri merupakan kata karangan yaitu animal morphers (orang yang dapat berubah menjadi binatang). Bagi anda yang belum mengetahui mengenai Animorphs dan membaca arti kata itu mungkin akan berpikir bahwa ini adalah cerita fantasi anak-anak seperti biasa.

Biar saya jelaskan sedikit mengenai Animorphs.

Animorphs adalah sekumpulan anak remaja (5 orang) yang memiliki kekuatan untuk dapat berubah menjadi binatang (atau makhluk) apa pun yang dapat disentuh dan diserap DNA-nya. Kekuatan ini mereka dapat saat tidak sengaja menemukan seorang Pangeran Andalite (ras alien) yang sedang sekarat di sebuah area konstruksi yang terbengkalai. Mereka diberitau Pangeran Andalite yang bernama Elfangor itu bahwa Bumi sedang diinvasi oleh ras alien bernama Yeerk.

Yeerk adalah makhluk berwujud seperti siput kecil tanpa cangkang yang dapat mengambil alih tubuh makhluk lain dengan memasuki lubang telinga dan menanamkan tubuh mereka di otak makhluk tersebut. Jadi Yeerk akan mampu menguasai setiap gerakan orang tersebut dan membaca pikiran serta memorinya. Makhluk yang memiliki Yeerk dalam kepalanya disebut Pengendali (Controller). Seorang Pengendali tidak akan bisa menggerakkan lehernya jika Yeerk dalam kepalanya tidak menghendakinya.

Dengan kata lain, Pengendali adalah budak Yeerk, terperangkap dalam kepalanya sendiri, sedangkan Yeerk mengambil alih setiap kontrol atas dirinya. Long story short, 5 remaja ini diberikan kekuatan morph oleh Elfangor sebagai senjata untuk memerangi Yeerk. Dan beberapa saat kemudian adik Elfangor, Aximili (or just Ax for short), bergabung dengan mereka (ada di Animorphs #4).

Seri Animorphs menceritakan kisah petualangan, atau bisa disebut sebagai misi mereka dalam memerangi Yeerk. Dan saya adalah salah satu penggemar buku ini. Informasi mengenai seri-seri buku ini ada di sini.

Saya mulai baca Animorphs waktu SMP. Dan langsung suka. Kenapa suka? Karena walaupun segmen buku ini memang untuk anak-anak usia 13-an, tapi apa yang dituliskan dalam buku itu mulai dari karakter tokoh, cara berpikirnya, konfliknya, dan bumbu-bumbu lainnya (such as love, drama, sad story and all) layak juga dibaca oleh orang dewasa. Yang paling saya suka adalah gimana si penulis memberikan kita sebuah konflik dari keseluruhan tema cerita dan konflik batin yang sering terjadi pada setiap tokohnya.

Saya kasih bocoran dikit. Jake, pemimpin tak resmi Animorphs, termasuk salah satu yang punya konflik batin paling rumit. Sebagai pemimpinnya, dia punya tugas dan tanggung jawab. Dia bertanggung jawab dalam keselamatan semua temannya dan sekaligus juga harus berhasil dalam misi mereka, which is very hard. Jake sering dihadapkan pada pilihan-pilhan sulit antara hidup dan mati, kadang pilihannya sangat sulit hingga ia harus mengorbankan salah satu anggotanya demi keselamatan yang lain atau demi misi. Such a tough situation for that guy.

Dalam beberapa seri, saya bahkan sampai berpikir bahwa buku ini bukan untuk anak-anak. Maksud saya bukan yang aneh-aneh lho. Maksudnya, konflik yang dihadapi serta strategi yang mereka pakai gak seperti apa yang ada di buku anak-anak lain. But then again, situasi yang mereka hadapi memang mengharuskan mereka untuk berpikir seperti layaknya orang dewasa. Istilahnya, matang sebelum saatnya.

Hal lain yang saya suka dari buku ini yaitu cara menceritakannya. Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama. Di tiap buku penulis menggunakan tokoh berbeda sebagai sudut pandangnya. Misalnya, di buku pertama, naratornya adalah Jake. Jadi seluruh buku itu diceritakan dari sudut pandang Jake. Kemudian pada buku kedua adalah Rachel, buku ketiga Tobias, dan seterusnya secara bergantian setiap tokoh. Jadi pembaca bisa benar-benar tau dan paham karakter setiap tokohnya dan ikut merasakan apa yang mereka alami.

Jika ada di antara anda ada yang pernah mengikuti seri Animorphs, mungkin anda tau apa masalahnya dengan Animorphs Indonesia. Di Indonesia, buku ini cuma diterbitkan hingga buku ke-27, padahal seluruh serinya ada 54, dengan tambahan 4 megaseries, 4 chronicles, dan 2 seri petualangan. Padahal saya penasaran untuk menamatkan seluruh serinya. Solusi yang ada yaitu membeli buku bahasa inggrisnya. Ehh, ini bukan pilihan saya karena saya gak mampu belinya (di luar negeri, mahal ongkir).

Untungnya ada file digitalnya di internet, jadi saya bisa download. Gak peduli mau itu bahasa inggris, yang penting harus baca! Dan sekarang saya udah baca semua serinya, dan udah khatam berulang-ulang, in english. Thank God, niat saya yang cuma penasaran sama buku itu ternyata ada hasil lainnya juga, i could improve my english 😀 Well, membaca bener-bener mendatangkan manfaat kawan, jadi jangan malas-malas membaca.

Balik lagi ke Animorphs. Sebenernya niat saya posting ini cuma untuk memberitau kepada dunia bahwa saya, orang Indonesia ini, adalah penggemar Animorphs dari dulu hingga sekarang. Mungkin gak penting buat anda, tapi penting banget buat saya 😀
Mencari orang yang punya kesukaan sama dengan saya di Indonesia ini susah. Kayaknya orang-orang cuma sedikit yang tau Animorphs. Kalaupun tau, mereka gak pernah baca atau juga udah lupa kalau pernah baca. Beda dengan saya yang ngefans banget sama buku ini. Ada gak ya di antara kalian yang cinta mati sama buku ini………? We can share our stories *sounds hopeless tapi gak apa lah* 😀
Osenka over and out

12 comments on “Animorphs

  1. ken
    October 31, 2012

    gue sukaaa banget, baru baca tapi udah nyarinyari ke senen buat dapetin seri nya,,, wah jangan putus asa, haahahaa,
    ps: lu bukan Pengendali kan….

    • osenka
      November 1, 2012

      udah sampai mana bacanya?
      dapet berapa seri tu di senen? saya punya gak lengkap, bolong2 serinya. ni juga lagi berburu seri yg bolong 😀
      saya bukan Pengendali kok, cuma anggota Dewan 13 😀

      • vinca vannya
        February 1, 2014

        seri yang mana aja ?

    • vinca putri
      January 21, 2014

      @ken : haha kalo aku sih bukan hayoo ngaku kamu kan yang pengendali kalo boleh tau mana kolam yerk nya ..

  2. natha
    October 5, 2013

    saya juga penggemar animorphs

  3. St. Chimaira
    October 17, 2013

    Ya ampun, telat banget baca pos ini yang udah dari setaun laluuu!!!
    Sementara baca dan koleksi Animorphs udah dari sejak Indo nerbitin pertama dan langsung jatuh cinta.. >w<

    Banyak yang pengen diteriakin, tapi ngga enak ah.. takut kepanjangan.. tahan.. tahan..hufff..

    Pokoknya, senang ketemu sama sesama pecinta Animorphs (walau telat)
    *jabat tangan*

    • osenka
      October 17, 2013

      heheh, gapapa telat..
      applegate emang kreatif ya, buku2nya yg lain juga gak kalah keren kaya Remnants & Everworld. truly sci-fi

  4. Lina Hera
    December 17, 2013

    Saya juga penggemar Animorphs. Dan sy lebih telat lagi. ‎​(-’_’-) Ђǝ∂ԃϱωω X_X. Sampai sekarang sy masih penasaran, soalnya sy belum selesai baca semua seri.

  5. aci fangor^^
    April 18, 2014

    haloooo, aku juga penggemar animorphs, salam kenaal 😀
    buat penggemar animorphs ada facebook page-nya lho, udah gabung? namanya Animorphs Indonesia, seneng deh bisa nemu temen2 yg punya interest yg sama ^^

    btw, aku juga masih bolong2 ngumpulin serinya >,<
    biasanya hunting di Blok M Plaza yg di bawah itu, aku nemu banyak lho, baik versi inggris atau indonesia 🙂 sayang sekarang udah ga di jakarta T.T

    aku belom baca semua serinya sih, kalaupun udah juga sering lupa, ehehe, habisnya gaada yg bisa diajak diskusi T.T
    tapi teteeep animorphs itu bacaan sepanjang masa, selalu ada kejutan2 tersendiri tiap bacanya, entah itu udh diulang berapa kali, hahaha

    nice to meet u 🙂

    • osenka
      April 19, 2014

      halooo aci fangor,
      nice to know you too

      saya juga punya serinya bolong2 yg indonesia
      yg english malah gak punya sama sekali, pengennya sih beli sekaligus satu set gitu tapi belum kesampaian
      saya recommend banget bukunya Applegate yg lain kaya Remnant dan Everworld, bener2 sucked into the story
      buat fanpage, saya gak punya facebook jadi gak gabung deh (atau belum)

      thanks ya sharingnya 🙂

  6. suryo
    May 23, 2014

    Halo, salam kenal, saya juga pengendali, uuppss.. maksudnya pengagum serial animorph, tapi baca sampai seri 22, kisah si David terjebak jadi morphs tikus. ada yang punya lannjutannya nggak? kalau bisa yang digital dan bahasa Indo ya, trims…

  7. nopriyadi
    November 24, 2014

    Saya kenal animorps sejak berumur 11 tahun itu pun kebetulan pada saat saya bermain game ps 1 saya ingin tw bnyak tntang animorps dan saya ingin membaca buku animorps tpi gk tw cari dmna pliss tlong kasih infonya dongg mkasih…

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 24, 2012 by in Animorphs and tagged , , , , .
