Osenka's Mosaic

Tiny Pieces Make Difference

Fotofobia : Fear of Light?

fotofobia

Banyak orang salah tafsir dengan arti fotofobia. Semua teman saya yang saya tanyai selalu menjawab kalau fotofobia itu orang yang takut difoto :D:D:D
Kalau anda juga berpikir yang sama, maka anda salah.

Fotofobia atau sensitifitas cahaya adalah ketidakmampuan mata untuk menoleransi cahaya. Pada beberapa kasus penderita merasakan gak nyaman dengan cahaya terang, dalam kasus ekstrem bahkan gak tahan terhadap cahaya bentuk apa pun. Cahaya ini bisa berasal dari matahari, lampu, api, lilin, dll. Fotofobia sendiri bukan sebuah penyakit, melainkan adalah gejala dari suatu penyakit.

Gejala
– mata merasa gak nyaman
– harus menutup mata
– harus menyipitkan mata
– mata panas
– mata berair

Setiap kasus unik dan mungkin mengalami gejala yang berbeda-beda, tergantung pada penyebab atau penyakitnya.

Penyebab Fotofobia
Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang menderita fotofobia. Fotofobia bukan penyakit, gangguan, masalah, atau suatu kondisi. Namun merupakan gejala dari banyak penyakit, gangguan, masalah, dan kondisi berbeda. Misalnya, infeksi atau inflamasi yang mengiritasi mata. Atau juga merupakan gejala dari penyakit seperti sakit kepala atau migrain.

Warna mata seseorang juga dapat mempengaruhi sensitifitas cahaya. Semakin gelap warna mata, semakin baik proteksi mata terhadap cahaya terang.

Nah, saya ini termasuk seorang penderita fotofobia. Kalau siang-siang terik saya keluar rumah atau pokoknya ngeliat ke luar, kepala saya langsung sakit. Bukan cuma sinar matahari, kalau ngeliat sinar lampu atau apa aja yang terang, kepala saya langsung sakit. Temen saya sampai bilang saya vampir karna saya suka ngeluh kalau keluar siang-siang. Ah, ternyata mata saya gak bisa mentolerir intensitas cahaya yang terlalu besar *bahasa sok ahli*. Jadinya saya kalau keluar siang-siang selalu nutupin mata pakai tangan. Sebenernya mau pakai shades alias sunglasses gitu tapi karena saya lebih butuh kacamata minus saya, jadi tangan aja yang dijadikan shades *padahal gak mampu beli :D*

Kira-kira apa ya penyebab fotofobia saya? Saya mesti konsultasikan ke dokter dulu *$$$$*
Kalau ada dokter yang membaca post gak penting saya ini dan bersedia membantu, saya terima kok bantuannya, gratis tapi ya šŸ˜‰

Sumber : http://www.eyehealthweb.com/problems/photophobia.html

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 22, 2012 by in Random and tagged , , , .
