Osenka's Mosaic

Tiny Pieces Make Difference

Hujan : Bermanfaat kah?

manfaat hujan

Hujan lagi, hujan lagi……..

Pasti sering denger orang bilang begini. Hujan memang kadang menyusahkan sebagian orang. Alasannnya, banyak aktivitas manusia yang memang bisa menjadi terhambat oleh hujan. Misalnya mahasiswa yang mau sidang. Sudah rumahnya jauh, bawa-bawa kotakan, naik ojek, hujan pula. Kan jadi ribet tuh… Belum lagi kalau tinggalnya di kota yang rajin banjir tiap kali hujan. Ah.

Tapi hujan gak sesuram itu kok. Anak-anak biasanya suka main di bawah hujan. Pasangan-pasangan romantis biasanya suka nge-date waktu hujan. Petugas upacara yang nervous biasanya suka hujan karena upacara jadi dibatalkan.

Manfaat “bener”nya hujan sendiri apa?

Kalau mau jawaban ilmiah, maaf, saya gak jelaskan karena pasti udah banyak situs yang menjelaskan manfaat hujan sejelas-jelasnya.

Saya mau ceritakan pengalaman saya. Saya tinggalnya di pinggir kota. Sebenernya ada sih air PDAM yang mengalir di rumah, namun karena suatu dan beberapa hal, air keran gak pernah ngalir hingga beberapa bulan. Bayangkan, beberapa bulan!

Pernah coba hidup tanpa aliran air? Susaaah. Untuk minum dan keperluan masak, kami di rumah memakai air galonan isi ulang. Memang murah, 3.500 perak untuk satu galon. Tapi manusia aja idealnya perlu minum sehari sampai 2 liter air. Intinya, 3.500 perak harga air isi ulang itu dikalikan beberapa kali dalam seminggu, udah lumayan banget jumlahnya.

Lalu gimana caranya cucian, ngepel, dll?

Parahnya, waktu itu lagi musim panas *sok bule*, maksudnya lebih sering panas daripada ujan. Hujan cuma datang beberapa minggu sekali, itupun hujan sesaat numpang lewat. Padahal saya ini mengharap-harap supaya hujan lebih sering supaya bisa punya air, paling gak buat cuci-cuci tangan atau nyikat lantai.

Jadi solusinya? Yah, beli air tandon yang harganya 50 sampai 70 ribuan satu tandonnya. Satu tandon itu di rumah bisa untuk 4 hari pemakaian, termasuk mandi dan cuci-cuci. Anda bisa bayangkan tentunya berapa pengeluaran untuk kebutuhan air bersih. Untungnya sekarang air di rumah sudah ngalir. Yah, walaupun gak tiap waktu, gak tiap hari, tapi lebih baik daripada gak ada sama sekali. Parahnya, air baru ngalir setelah warga melakukan demo dan mendatangkan wartawan untuk meliput keadaan ini.

Kita yang hidup di kota yang ada sumber air dan sebagainya bisa dengan mudah memutar keran untuk mandi, memasang selang untuk mencuci baju. Tapi beberapa orang masih mengalami kekurangan air. Di Indonesia kita ini juga masih ada daerah yang kekurangan sumber air. Kita pasti ingat iklan salah satu air mineral yang mengekspos tentang daerah timur Indonesia yang mengalami keadaan ini.

cara menghemat air

Kesimpulannya, jangan egois kawan. Jangan mentang-mentang kita punya air di rumah yang tagihannya kita bayar sendiri kita jadi bisa seenaknya makai air itu berlebihan. Gak ada ruginya kok menghemat air. Evaluasi penggunaan air di rumah anda. Ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 17, 2012 by in Random and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: